Sejarah Pluralitas Islam 3

22. Al Hallaj (wafat.dibunuh 309 H/922 M)
Melanjutkan pemikiran sufi Dzu al-Nun,terkenal dengan ucapannya “Ana al Haqq” (“Aku adalah Sang Kebenaran”,mengidentifikasikan dirinya dengan Tuhan)

23. Al Farabi (wafat 339 H/950 M)
Sarjana Islam yang banyak meminjam dan mengembangkan filsafat Yunani,khususnya Aristotelianisme dengan teori logika formal (silogisme,al-manthiq)-nya.jika bagi para filosof Islam Aristoteles adalah “guru pertama” maka Al Farabi adalah “guru kedua”

24. Ibn Sina (Avicena,wafat 428 H/1038 M)
Filosof Islam terbesar sepanjang sejarah,banyak megambil alih metafisika Yunani,khususnya Neo-platonisme.Mengembangkan teori bahwa bahasa agama dalam kitab suci dan sunnah Nabi kebanyakan adalah matsal (metafor,alegori) dan ramz(perlambang,simbol) yang dimaksudkan sebagai visualisasi untuk kaum awam ttg kebenaran yang abstrak dan rasional.Kaum khawas (orang2 khusus) seperti para filosof harus memahami metafor dan simbol itu melalui interpretasi atau ta’wil.Dituduh membuat agama menjadi rumit dan tidak relevan untuk kepentingan orang banyak.Para filosof menamakannya “Guru Besar Utama”

25. Al Ghazali (wafat 505 H/1111 M)
Bangkit menentang filsafat,khususnya metafisika Ibn Sina,smbil mempertahankan logika formal Aristoteles.Berkat bantuan dan perlindungan Nidham Al Mulk,Perdana menteri Sultan Alparslan dari Bani Saljuq (yang dibunuh oleh orang-orang Syi’ah Isma’iliyah),mengajar di Universitas Nidhamiyyah di Baghdad,dan mengokohkan paham SUnni,khususnya madzhab Syafii dalam fiqh dan Asy’ari dalam Ilmu Kalam.Dapat dikatakan merupakan tonggak konsolidasi paham Sunni paling akhir.

26. Al Suhrawardi (Syihab al Din,wafat/dibunuh 587 H/1119 M)
Sama dengan Al Hallaj,dia dibunuh karena kesufiannya,namun paham itu bertahan dan berkembang di kalangan luas kaum sufi.Ia sering diejek sebagai “Al Suhrawardi al Maqtul (Suhrawardi yang terbunuh)”

27. Ibn Rusyd (wafat 594 H/1198 M)
Tampil menentang Al Ghazali,dalam suatu polemik ‘posthumous’.Seorang rasionalis,pengikut Aristoteles,yang amat yakin sekaligus seorang ‘qodli’ yang terkenal adil dan sangat mendalami fiqh.Usahanya membangkitkan kembali filsafat di kalangan umat Islam boleh dikatakan gagal,tetapi Ia mempengaruhi Eropa,antara lain dengan gelombang Averroisme Latin yang menggoncangkan dunia pemikiran Kristen dan ikut membebaskan Eropa dari belenggu dogma agama dan menghantarkannya ke Zaman Kebangkitan Kembali / Renaissance.

28. Ibn Al Arabi (Muhy al Din, wafat 638 H/1240 M)
Tokoh suf yang luar biasa kaya dan kreatif,tapi juga ‘liar’ an tak terkendali.Di tangannya paham wahdat al wujud,monisme,mencapai puncak perkembangannya.Banyak dikutuk sebagai sesat atau bahkan kafir,namun ajarannya terus berkembang dan mempengaruhi dunia pemikiran Islam,langsung atau tidak langsung.Bagi para pengikutnya,dia adalah al Syaykh al akbar (Guru besar Agung)

29. Ibn Taymiyyah(wafat 728 H/1328 M)
Seorang pengikut Madzhab Hanbali yang tegar dengan semangat reformasi yang meluap-luap.Dengan gigih membela tetap dibukanya pintu ijtihad dan teguh berpegang pada sabda Nabi bahwa ijtihad yang tulus,salah atau benar,tetap berpahala, tunggal atau ganda.Dengan bebas melakukan peninjauan kembali berbagai ajaran Islam historis yang mapan termasuk para tokohnya (tak terkecuali juga para sahabat,sekalipun selalu disertai pengakuan akan segi-segi kebaikan mereka yang lebih banyak).Berusaha menghancurkan sisa-sisa filsafat dalam ilmu manthiq,dan menembangkan pandangan yang lebih empirik.
Ibn Taymiyyah wafat dalam kesepian dan tidak meninggalkan gerakan besar.

30. Muhammad ibn Abdul Wahhab (wafat 1206 H/1792 M)
Pemikirannya selama berabad-abad menjadi laten,dan baru muncul kembali dengan penuh kegemasan di Jazirah Arabia oleh tokoh ini.Kiprahnya dikenal sebagai “Gerakan Wahhabi” dan mengalami sukses setelah bergabung dengan keluarga Saud,kemudian melahirkan kerajaan Saudi Arabia.Gerakan Wahhabi mengilhami dan menjadi rujukan berbagai gerakan reformasi dengan tema pemurniab di seluruh dunia Islam,termasuk Indonesia

31. Muhammad ABduh (wafat 1323 H/1905 M)
Seorang pembaharu Islam dari Mesir dengan wawasan pemikiran modern.Diilhami oleh ide Ibn Taymiyyah tentang ijtihad,oleh ide kaum wahhabi tentang pemurnian,tapi juga terpengaruh oleh paham Mu’tazilah dan para filosof tentang rasionalisme Islam dan juga ilmuwan sosial seperti Ibn Khaldun tentang kajian empirik.Wawasan modernnya membuat Abduh disebut sebagai Bapak modernisme Islam yang pengaruhnya nampak seperti tidak ada habisnya sampai detik ini.

Itulah kronologi sederhana tentang proses perkembangan Islam dalam sejarah dengan dikaitkan dengan tokoh-tokoh tertentu.
Banyak tokoh lain yang belum tersebut,tetapi mereka yang ada dalam kronologi sejarah di atas kiranya sedikit-banyak memberi gambaran tentang pangkal dan proses terjadinya kemajemukan umat Islam seperti yang kita dapati sekarang.Ini agar kita bisa saling menghormati perbedaan.

Sumber :

Di-copy paste dari :

ISLAM,DOKTRIN dan PERADABAN karya Cak Nur,terbitan Paramadina

4 Comments

  1. Phonenix said,

    January 30, 2007 at 4:41 am

    Kurang lengkap rasanya kalau gak disebutkan dari mana artikel ini disaduršŸ˜€ Dari buku apa misalnyašŸ˜€

  2. paramadina said,

    January 30, 2007 at 12:32 pm

    Trims Mas Phonenix,udah saya tambahkan sumber artikelnyašŸ™‚

  3. Afeif said,

    March 3, 2009 at 10:32 pm

    Saya rasa era renaissance barat terjadi ketika mereka menemukan “harta karun” di dunia Islam saat perang salib? Mengapa itu tidak disebutkan? Dan sebagian orang nasrani tahu hal ini. Kemajemukan dalam Islam terjadi karena pemikiran menyimpang ato otak yang menyimpang sih? Terpecah berapa golongan umat nabi ya? Jil masuk yang mana ya? Ahlussunah ato Naarisunnah? Kenapa tidak pula mengkritisi Allah, yesus, yahweh, ayo donk sekalin kurang ajar ma tuhan. Bener ga sih cak nur sakit2an waktu anaknya merid ma yahudi? Khan kata dia semua agama sama? Hayo hati2 loh mas2 JiL… Hehehe

  4. ARFINDA-SIDOARJO said,

    May 6, 2009 at 9:21 am

    siapa saja tokoh-tokohnya islami itu??????????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: